Rabu, 29 September 2010

Potensi Daerah

Sumber Daya Alam

Kabupaten Tapanuli Utara disamping letaknya yang strategis juga memilki potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan yang tersebar diseluruh kecamatan, yaitu :

1. Sektor Pertanian
Sektor Pertanian merupakan tulang punggung perekonomian daerah ini, baik sebagai penghasil nilai tambah maupun sumber penghasilan masyrakat. Pengelompokan sektor ini yakni pertanian tanaman pangan dan hortikultura perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

a. Pertanian tanaman Pangan dan Hortikultura
Pertanian Tanaman pangan dan hortikultura di Kabupaten Tapanuli Utara cukup menjanjikan dimasa mendatang dengan potensi lahan kering yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangannya seluas 66.683 ha.
b. Perkebunan
Pengembangan usaha perkebunan di kabupaten tapanuli Utara mempunyai potensi yang baik ditinjau dari segi lahan yang tersedia serta iklim yang sesuai dengan komoditi yang akan dikembangkan. Usaha perkebunan didaerah ini pada umumnya adalah usaha perkebunan rakyat belum terdapat usaha perkebunan yang diusahakan oleh perusahaan. namun demikian dimasa yang akan datang diharapkan usaha perkebunan rakyat semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dengan bertambahnya luas areal tanaman yang diusahakan dan meningkatnya hasil produksi komoditi perkebunan.

c. Peternakan
Usaha peternakan di Kabupaten tapanuli Utara pada umumnya adalah usaha peternakan rakyat atau usaha rumah tangga. Dalam mendukung pengembanganusaha peternakan di daerah ini terdapat potensi lahan padang penggembalaan yang tersebar di seluruh kecamatan dengan luas 10.290 ha. Dari luas tersebut, kecamatan yang mempunyai luas dominan adalah kecamatan Sipahutar, Siborongborong, dan Garoga. Jenis ternak yang dikembangkan di Tapanuli Utara adalah kerbau, babi, ayam buras, dan itik.

d. Perikanan
Sesuaikondisi alamnya, wilayah Kabupaten Tapanuli Utara merupakan wilayah yang kaya sumber daya air, akan tetapi pada saat ini pemanfaatannya untuk kegiatan usaha perikanan belum optimal karena selain terbatasnya keahlian petani ikan juga disebabkan keterbatasan modal usah ayang dimiliki oleh petani maupun pemerintah. Potensi perikanan didaerah ini adalah potensi perikanan eir tawar meliputi : kolam, perairan umum dan perikanan didanau toba.

    e. Kehutanan
    Disektor Kehutanan Kabupaten tapanuli Utara dan sekitarnya juga sangat potensial dalam menghasilkan kayu. Hutan menurut fungsinya didaerah ini dibagi menjadi hutan produksi, hutan lindung dan hutan konservasi. Produksi hasil hutan di Kabupaten Tapanli Utara berupa : log rimba, kayu gergajian dan kayu pinus. Selain kayu , kawasan hutan di daerah ini juga memilki potensi hasil hutan yag cukup besar berupa: getah tusam, rotan, damar, semambu, arang dan madu.

2. Potensi Bahan Tambang
   a. Pertambangan
      Pembangunan sektor Pertambangan di kabupaten Tapanuli utara dilakukan sejalan dengan pembangunansektor ekonomi lainnya dengan memperhatkan kebutuhan konsumsi masa depan, kelestarian alam dan lingkungan serta akibat bencana alam yang disebabkan oleh faktor geologi. Poteni bahan tambang yang terdapat di kabupaten tapanuli Utara yang juga merupakan komoditi ekspor diantaranya dalah kaolin, batu gamping, batu apung, belerang, feldspar, sirtu, oker, zeloit, trass, lempung, batu setengah mulia, slate/sabak, mika, silika, serisit, tanah diatomae, dan dolomit magnesit.

   b. Energi
      Kabupaten Tapanuli Utara memiliki potensi panas bumi / Geothermal yang merupakan sumber daya alam (SDA) dengan potensi sumber energi terbarukan (Renewable) dan dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan listrik sebagai sumber energi, dimana pelaksanaan pembangunan sebelumnya dilakukan atas kerjasama antara PERTAMINA - PLN - UNOCAL NORTH SUMATERA GEOTHERMAL. Sampai saat ini telah 9 buah sumur bor eksplorasi yang terdapat di kecamatan Pahae Jae dan Pahae Julu. Salah satu sumur eksplorasi yang terdapat di Silangkitang dapat memproduksi listrik sekitar 50MW yang merupakan sumur yang terbesar didunia saat ini.
 

4 komentar:

  1. Tap-ut oh tap-ut, Bangunlah...!!

    BalasHapus
  2. Potensi pertanian yang menjanjikan, saya berharap suatu saat bisa turut mengembangkan pertanian di kab Tapanuli Utara

    BalasHapus
  3. informasinya sulit direspon, seandainya lebih jelas,kami akan datang

    BalasHapus
  4. Semoga taput makin jaya Horassss

    BalasHapus